Jumat, 05 Oktober 2012

Bagaimana Memilih Lensa Kamera yang Tepat?


Mau beli lensa baru, tapi belum bisa menentukan mana yang cocok untuk anda? Memilih lensa kamera bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi kalau terbentur urusan budget. Tapi meskipun budget jadi masalah, paling tidak, anda tahu dulu lensa apa yang tepat untuk kamera dan kegiatan fotografi anda. Sehingga, tidak sampai salah beli karena kurang tepat guna. Jadi, poin apa saja yang perlu dipertimbangkan?  

Sesuaikan dengan Kamera 
Lensa yang anda beli tentu saja harus sesuai dengan kamera anda. Apa lagi untuk pengguna SLR, jenis lensa harus benar-benar diperhatikan. SLR merupakan sistem berbasis, itu artinya jika anda mempunyai kamera Nikon, maka lensa yang dirancang untuk mount Canon tidak akan bekerja pada kamera anda. Sebaiknya sesuaikan platform lensa dengan platform kamera anda, kecuali jika anda ingin menggunakan adaptor atau memilih lensa dengan brand yang memang berbagi platform.   

Sesuaikan dengan Kebutuhan Spesifik 
Untuk kebutuhan berbeda, diperlukan lensa yang berbeda pula. Yang dimaksud disini adalah berkaitan dengan jarak fokus dan aperture maksimum. Secara umum, kalau dilihat berdasarkan pemakaiannya, lensa dapat dibagi menjadi 5. 

Yang pertama adalah lensa standar, dengan ukuran 50mm. Biasanya pada saat membeli kamera DSLR, lensa inilah yang merupakan lensa bawaannya. Lensa yang disebut juga dengan lensa normal ini memiliki sudut pandang dan faktor pembesaran sama dengan mata kita. 
Selanjutnya adalah lensa wide angle. Kalau anda suka memotret obyek yang luas pada ruang yang sempit, lensa ini cocok untuk anda. Dibandingkan lensa normal, jangkauan area yang tertangkap dengan lensa ini akan lebih luas. Semakin kecil jarak fokusnya, maka jangkauan pandangannya semakin luas. Ukuran lensa ini mulai dari 17mm hingga 35mm.  Bagi yang suka memotret landscape atau bereksperimen dengan sudut pandang lebar, lensa jenis ini bisa jadi pilihan.   
Hasil Foto dengan Lensa Wide Angle   

Ada juga lensa fish eye, yaitu lensa wide angle dengan ukuran 14 mm, 15 mm, dan 16 mm. Dengan lensa ini, gambar yang anda hasilkan akan tampak melengkung.   
Hasil Foto dengan Lensa Fish Eye 

Kebalikan dari lensa wide angle adalah lensa tele. Ukurannya 70mm ke atas. Lensa tele mendekatkan obyek namun pada saat bersamaan mempersempit sudut pandang. Cocok untuk keperluan seperti pemotretan event olahraga dan fashion, ataupun obyek-obyek yang jauh.   
Hasil Foto dengan Lensa Tele  

Yang terakhir adalah lensa zoom (vario). Lensa ini memiliki ukuran yang tidak fix, misalnya saja 80-200 mm. Lensa ini fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui pengaturan ukurannya. Memang harganya relatif lebih mahal, tapi dapat diandalkan untuk kebutuhan yang bervariasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar